SELAMAT DATANG DI BLOG-NYA MAS MBAJENG

Tuesday 24 January 2012

TIPS MENGATASI BLUE SCREEN PADA SO WINDOWS

Salah satu masalah yang kerap muncul pada system operasi Windows dan sering membuat jengkel para user adalah layar monitor atau LCD tampil berwarna biru (Blue Screen) dengan tulisan putih yang menunjukan pesan/kode error… Berikut tip untuk mengobati layar biru pada monitor agar kembali seperti semula, namun harus terlebih daulu memahami arti dari kode-kode error yang ada di layar tersebut.

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Kode ini menunjukan adanya ketidakcocokan driver yang terinstall di computer sehingga terjadi bentrok.
Pesan Erros ini akan terjadi bila :
  • a) Video card yang di overclock melebihi batas solusinya ganti VGA dengan yang baru.
  • b) Mengganti Video Card, tetapi driver Video card lama belum terinstall dari chipset berbeda. Solusinya install dulu VGA yg lama,
  • c) Salah dalam mengkonfigurasi Audio Card atau bug dalam driver sound card. Solusinya setingan sound card diperbaharui

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Kode ini menunjukan adanya kerusakan berada pada partisi atau file systemnya. Kerusakan partisi belum tentu menunjukan adanya kerusakan pada hardisk. Lakukan pengecekan terhadap partisi tersebut dengan Tool Chkdsk atau yang lainnya. Jika kerusakan parah, maka lebih baik membuat partisi lagi.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan error ini akan muncul karena adanya :
  • a) Overclock pada Hardware yang berlebihan
  • b) Komponen komputer yang terlalu panas
  • c) BIOS yang korup/salah setingan, solusi up date BIOS dan di set default.
  • d) Memory dan CPU yang cacat, solusi ganti memori, atau CPU

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini menerangkan bahwa memory atau slot memory di motherboard kemungkinan besar mengalami kerusakan Solusinya ganti memori, tapi jika slot nya yang rusak, beli MB yang baru,,hehehehe….

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini menunjukan adanya kerusakan cukup serius pada hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache).Karena itu, jalan terbaik adalah ganti memori saja, ok!..

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
Solusi : posisikan jumper dengan benar. Basmi virus boot sector dengn antivirus, jika yang rusak IDE Controller maka posisikan IDE Controller dengan betul.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver. Karena itu lakukan isntalasi lagi dengan benar.


8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru. Langkah terbaik adalah coba lakukan pengecekan dengan tool agar bisa tahu driver mana yang tidak kompaatibel,

9. PEN_LIST_CORRUPT
Jika pesan ini muncul, maka dapat diartikan adanya kerusakan pada RAM, karena itu ganti RAM yg baru.

10.MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan ini menunjukan adanya kerusakan yang fatal pada mesin/hardware computer. Hal ini disebabkan karena
  • a) kecacatan pada CPU,
  • b) overclock CPU secara agresif/power full, sehingga CPU menggelepar
  • c) power supply yang kekurangan daya atau rusak.
  • Solusi terbaik adalah ganti komponen-komponen tersebut dengan yang fress/baru..